Melanjutkan pembahasan post sebelumnya, yaitu persiapan beriklan di Facebook (Facebook ads), pada post kali ini saya akan membahas cara membuat iklan di facebook, yaitu membuat campaign iklan facebook di business manager. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah pertama, klik link https://business.facebook.com/ dan kamu akan diarahkan ke halaman dashboard Business Manager. Pastikan kamu sudah login ke akun facebook kamu sebelum mengunjungi link url tersebut.


Langkah kedua, pada dashboard Business Manager pilih Fitur Lainnya lalu pilih Pengelola Iklan.


Langkah ketiga, pada halaman pengelola iklan atau ads manager klik Buat untuk mulai membuat campaign iklan.


Langkah keempat, setelah klik Buat pada halaman ads manager maka kamu akan diminta untuk memilih objective campaign atau tujuan kamu beriklan. Sebagai contoh saya akan memilih objective Kesadaran Merek (Brand Awareness). Pembahasan detail mengenai objective campaign akan saya berikan pada post berikutnya.


Setelah itu kamu akan mendapat tampilan seperti berikut:



Tampilan tersebut adalah struktur campaign facebook ads yang terbagi menjadi 3 level, yaitu Campaign, Ad Set, dan Ad. Ketiganya memiliki peranan dan fungsi masing-masing. Untuk post ini saya akan bahas secara garis besarnya satu per satu.


Campaign

Di level campaign, kamu dapat menentukan objective, yaitu tujuan kamu beriklan di facebook. Facebook menyediakan pilihan objective campaign yang cukup banyak. Pilih objective campaign yang merupakan tujuan atau goals yang mau kamu capai dari iklan yang kamu buat di facebook.

Pada level campaign, kamu bisa membuat lebih dari 2 ad set dan dalam 1 ad set, kamu bisa membuat lebih dari 2 Ad.

Ad set

Level ad set boleh dibilang merupakan otak dari campaign iklan kamu di facebook. Di level ad set, kamu dapat melakukan targetting, setting budget, scheduling, bidding, dan lainnya. Kamu dapat menentukan kepada siapa iklan kamu mau ditampilkan (gender, usia, lokasi, dll), berapa budget yang kamu mau gunakan untuk beriklan, berapa lama kamu mau beriklan dan setting lainnya seperti penempatan iklan, optimasi delivery dan bidding.

Ad

Level ad adalah tempat kamu mengatur konten iklan kamu. Di level ini kamu dapat memasukkan konten iklan dalam format gambar/video/gif, teks iklan atau pesan-pesan yang ingin kamu sampaikan kepada target audiens kamu, dan juga link url yang akan men-redirect audiens ke halaman url yang kamu inginkan. Kamu juga dapat menambahkan tombol CTA (call to action) dalam konten iklan kamu pada level ini.

What do you think?

Sekian pembahasan dari saya mengenai cara membuat iklan di Facebook (Facebook Ads), apabila ada pertanyaan atau komentar bisa dikirimkan melalui kolom di bawah. Semoga bermanfaat.


Sumber: